LOGO dpmd
Beranda > Berita > Selamat Dan Sukses Atas Musda Ke-1 Ppdi Lombok Barat
Berita Utama

SELAMAT DAN SUKSES ATAS MUSDA KE-1 PPDI LOMBOK BARAT

Posting oleh dpmdlobar - 19 Maret 2023 - Dilihat 128 kali

(Bupati Fauzan : Dengan terbentuknya PPDI ini perjuangan perangkat desa akan lebih tersistem utamanya dalam menyuarakan peningkatan kesejahteraan dan kepastian posisi perangkat desa).

Setidaknya ada empat penekanan dan harapan Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid saat memberikan sambutan/arahan pada Musda Ke-1 Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Lombok Barat, hari ini di Aula Utama Kantor Bupati Lombok Barat (18/03/23).

Pertama, terbentuknya kelembagaan dan kepengurusan PPDI Lombok Barat ini diharapkan dapat berkontribusi membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perangkat desa.

Kedua, dengan terbentuknya PPDI ini perjuangan perangkat desa akan lebih tersistem utamanya dalam menyuarakan peningkatan kesejahteraan dan kepastian posisi/status perangkat desa.

Ketiga, PPDI Lombok Barat bersama organisasi kepala desa diharapkan dapat memberikan masukan konstruktif kepada pemerintah daerah dalam mendesain kebijakan tentang desa.

Keempat, berupa penekanan agar PPDI tidak mudah tergoda berpolitik praktis.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Hery Ramadhan yang juga turut memberikan sambutan menyampaikan bahwa meskipun kemerdekaan berserikat, berkumpul dan berhimpun dalam suatu wadah organisasi dijamin atau dilindungi oleh konstitusi, arah kebijakan organisasi tetap harus memperhatikan kaidah peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Senada dengan bupati, Hery juga menyampaikan bahwa perangkat desa harus memahami norma dan etika perilaku yang berlaku sebagai seorang birokrat desa, salah satunya taat kepada norma tentang larangan berpolitik praktis.

Tidak lupa Hery mengingatkan bahwa peran utama perangkat desa adalah membantu kepala desa dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan pemerintah desa. Kepala desa dan perangkat desa diibaratkan seperti rangkaian kereta api dimana kepala desa sebagai lokomotifnya dan perangkat desa sebagai gerbong-gerbong yang mengikuti di belakangnya. Sepanjang kebijakan dan perintah kepala desa masih dalam rel tujuan yang telah ditetapkan dan sepanjang masih dalam koridor peraturan yang berlaku, tidak ada alasan bagi perangkat desa untuk tidak mengikutinya.

Turut hadir dalam Musda PPDI ini Ketua DPRD, Ketua TP PKK Lobar, Pejabat Utama Polres Lobar, Sekdis Bakesbangpol Lobar, Ketua PPDI NTB, dan Ketua AKAD Lobar.

Pada Musda perdana ini terpilih Sekdes Kekait Habibi Hariri, S.Pdi sebagai Ketua PPDI Kabupaten Lombok Barat.

Atas nama Pemkab Lombok Barat cq. Dinas PMD mengucapkan selamat kepada yang bersangkutan disertai harapan semoga amanah dalam mengemban tugas dan fungsi organisasi.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *