LOGO dpmd
Beranda > Berita > Rapat Koordinasi Batas Daerah
Berita Utama

Rapat Koordinasi Batas Daerah

Posting oleh dpmdlobar - 29 Maret 2023 - Dilihat 231 kali

Rapat Koordinasi Batas Daerah Kabupaten Lombok Barat dengan Lombok Tengah terkait wilayah Nambung Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong.
Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyikapi simpang siur berita terkait dikabulkannya permohonan Pemda Lombok Tengah yg menggungat Permendagri 93 tahun 2017 oleh Mahkamah Agung.
Rakor yang dipimpin oleh Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah membahas langkah-langkah yang harus ditempuh oleh Pemda Lombok Barat. Turut hadir dalam Rakor tersebut adalah Asisten I, serta OPD terkait seperti Dinas PMD, Bappeda, Dukcapil, Dikbud, Dikes, Dikbud, Bakesbangpol, Satpol PP, DPMPTSP, BPN, Camat serta Kades dan Kadus. Menurut Asisten I Setda yang telah melakukan koordinasi ke Kementrian Dalam Negeri, pihak Kemendagri belum mengambil sikap terhadap persoalan tersebut karena sampai saat ini salinan putusan MA belum mereka terima, namun pihak Pemda Lombok Barat tetap akan berkoordinasi dan melakukan komunikasi intensif untuk mengantisipasi hal-hal terburuk serta jangan sampai merugikan Lombok Barat. Kepala Bakesbangpol juga menyampaikan bahwa dari hasil menyerap apirasi, masyarakat Nambung lebih nyaman menjadi bagian Lombok Barat karena telah terpenuhinya aspek-aspek pelayanan publik, hal senada disampaikan oleh pihak Kecamatan, Pj. Kades persiapan Pengantap dan Kadus Bange.
Adapun kesimpulan dari Rakor tersebut yakni : 
1. Pemerintah Daerah dalam hal ini Kabag. Pemerintahan dan Kabag. Hukum segera bersurat ke Kemendagri untuk menyikapi hal tersebut.
2. Pemda Lombok Barat harus proaktif mengawal ke Kemendagri dipimpin oleh Asisten I sekaligus membawa data pendukung sekiranya diperlukan.
3. BPN Lombok Barat tetap harus berpegang pada Permendagri 93 Tahun 2017 terkait pengurusan sertifikat dll yang berada di wilayah Nambung.
4. Pemda harus memberikan pendinginan kepada masyarakat yang ada di wilayah Nambung untuk menjaga kondusifitas.
5. Segera membuat agenda utk melakulan Safari Pelayanan kepada masyarakat di wilayah Nambung yang melibatkan semua pihak seperti Pasar Murah, Pelayanan Kependudukan, Pelayanan Kèsehatan dll.
6. Setelah lebaran tim Pemda akan turun melihat infrastruktur yang perlu mendapatkan atensi seperti infrastruktur jalan dan Pustu


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *