LOGO dpmd
Beranda > Berita > Persiapan Menjelang Rakordesda Inisiasi Akad Lobar
Berita Utama

PERSIAPAN MENJELANG RAKORDESDA INISIASI AKAD LOBAR

Posting oleh dpmdlobar - 17 Feb. 2023 - Dilihat 74 kali

Kadis PMD : ini Rakordesda rasa Rakordesnas.

Apresiasi dari Pemkab Lombok Barat cq. Dinas PMD kepada Asosiasi Kepala Desa (AKAD) Lobar yang akan menggelar Rapat Koordinasi Desa Daerah (Rakordesda), Insya Allah pada Bulan Februari ini.

Rakordesda kali ini berbeda dengan Rakordesda yang rutin digelar beberapa bulan sekali yang terbatas membahas isu-isu lokal desa lingkup kabupaten lombok barat. Rakordesda inisiasi AKAD ini akan mengangkat isu-isu strategis desa lingkup daerah dan nasional yang merepresentasikan kepentingan obyektif desa se Indonesia, sehingga tidak berlebihan ketika Kadis PMD Lombok Barat Hery Ramadhan mengatakan bahwa ini adalah Rakordesda rasa Rakordesnas.

Adapun isu-isu strategis yang akan dibahas dan didiskusikan antara lain review regulasi UU Desa berikut bagaimana seharusnya turunan regulasinya dibuat yang fokus pada penguatan kewenangan lokal desa berdasarkan asas rekognisi dan subsidiaritas, kesejahteraan aparatur desa, anggaran desa, advokasi dan mitigasi permasalahan hukum pemerintah desa, dan lain sebagainya.

Agar Rakordesda lebih fokus dan terarah, AKAD bekerjasama dengan Inspektorat dan Dinas PMD serta didukung akademisi dan pemerhati desa jauh hari telah mempersiapkan rumusan masalah dan konsep masukan yang memerlukan solusi bertajuk "100 MASALAH DESA" yang akan dibedah nanti saat Rakordesda.

Diharapkan Rakordesda ini akan menghasilkan konklusi yang dapat menjadi rekomendasi penting kepada otoritas pemerintahan di atasnya (supra desa) agar kebijakannya kedepan lebih berpihak kepada desa.

Rencananya yang menjadi narasumber berasal dari unsur pemerintah provinsi, akademisi, unsur APH yakni Kepolisian/Kejaksaan dan BPKP perwakilan NTB.

#mari membangun dari desa, untuk desa yang kuat, lombok barat yang mantap, ntb yang gemilang dan indonesia yang hebat#


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *