LOGO dpmd
Beranda > Berita > Pemkab Bogor Belajar Ke Lobar Tentang Penguatan Peran Kecamatan Dan Desa
Berita Utama

PEMKAB BOGOR BELAJAR KE LOBAR TENTANG PENGUATAN PERAN KECAMATAN DAN DESA

Posting oleh dpmdlobar - 10 Maret 2023 - Dilihat 148 kali

Kadis PMD : Pelibatan dan penguatan peran kecamatan dan desa adalah suatu keniscayaan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa eksistensi kecamatan dan desa sangat penting dan strategis baik sebagai akselerator, katalisator maupun eksekutor pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Dalam konteks desa misalnya, desa saat ini sangat dipentingkan perannya baik dalam skala lokal desa, daerah maupun nasional. Hal ini logis mengingat desa memiliki sumber daya yang bisa diandalkan secara proporsional guna memberikan daya ungkit bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Terbukti banyak program strategis yang berhasil diafirmasi oleh desa, diantaranya penanganan covid-19, penanganan stunting, pelayanan administrasi kependudukan, penurunan kemiskinan, penurunan inflasi, implementasi smart city, germas dan lain sebagainya yang muaranya tentu kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Begitu pula dalam konteks kecamatan, pemerintah daerah dapat melibatkan kecamatan dalam membantu kelancaran pelaksanaan pembangunan dan pembinaan pemerintahan desa serta pelayanan publik baik secara atributif maupun secara delegatif. Salah satu praktik baik yang dilakukan kecamatan dan masih dilakukan hingga sekarang yakni pelayanan administrasi terpadu kecamatan (paten).

Tidak hanya berdampak pada peningkatan kinerja, praktik baik yang ada di kecamatan dan desa di Lombok Barat tersebut kemudian berbuah prestasi baik di level provinsi mau nasional sehingga menarik minat banyak pemerintah daerah salah satunya pemerintah Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat untuk belajar atau melakukan studi tiru ke Lombok Barat dipimpin oleh Kadis PMD Kabupaten Bogor dengan mengikutsertakan OPDD-OPD terkait termasuk beberapa camatnya (01/03/23).

Rombongan studi tiru diterima oleh Asisten 1 Setda didampingi oleh OPD-OPD terkait termasuk Dinas PMD Lombok Barat. Dalam seksi diskusi banyak hal yang ditanyakan dan dipelajari oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Adapun beberapa yang membuat Pemkab Bogor tertarik yakni pelayanan adminduk di desa dan digitalisasi desa serta bagaimana kecamatan dikuatkan perannya sebagai katalisator pembangunan dan akselerator pelayanan publik termasuk bagaimana kecamatan diperankan dalam melakukan pembinaan kepada desa.

Kadis PMD Hery Ramadhan sebagai salah satu narasumber yang diundang dalam acara penerimaan studi tiru dimaksud menjelaskan bahwa peran kecamatan dan desa adalah suatu keharusan dan suatu kebutuhan sehingga perannya perlu diperkuat melalui kegiatan capacity building dan dukungan sumber daya yang memadai.

Sementara itu pimpinan rombongan studi tiru Pemkab Bogor mengucapkan terimakasih atas penerimaan yang hangat dan ilmu yang diberikan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Sebelum acara ditutup oleh Asisten I Setda Lobar dilakukan prosesi serah terima plakat atau cinderamata khas masing-masing daerah yang dilanjutkan dengan foto bersama.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *