LOGO dpmd
Beranda > Berita > Meriah Hultah Desa Lebah Sempage Yang Ke-23
Berita Utama

MERIAH HULTAH DESA LEBAH SEMPAGE YANG KE-23

Posting oleh dpmdlobar - 10 Maret 2023 - Dilihat 128 kali

Kadis PMD : Peringatan HUT desa ini adalah tradisi baik karena punya dimensi sosial dan ekonomi.

Di tengah pedalaman salah satu kawasan vegetasi Lombok Barat terdapat desa bernama Lebah Sempage yang secara administrasi masuk wilayah Kecamatan Narmada. Sekilas nampak tidak berpenduduk banyak dan tidak padat. Nuansa kehidupan keseharian masyarakatnya juga tidak begitu riuh alias adem.

Namun mendadak terlihat ramai manakala pemerintah desa setempat menggelar peringatan hari ulang tahun desanya yang ke-23 (kamis 02/03/2023). Ribuan masyarakat tumplek mendatangi puncak peringatan HUT desa yang dipusatkan di lapangan pasar buah Lebah Sempage yang dikemas dalam bentuk pengajian umum. Banyak pedagang kecil dari segala penjuru desa juga hadir di tempat itu sambil mendengarkan tausiah.

Menurut Kades setempat Moh. Adi peringatan HUT desa kali ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya diisi dengan berbagai macam event olah raga budaya dan agama. Semuanya berjalan meriah karena animo masyarakat baik yang berpartisipasi langsung maupun yang menonton sangat tinggi.

Kondisi di atas membuktikan bahwa peringatan HUT desa yang dirangkai dengan berbagai macam event memiliki dimensi atau pengaruh sosial dan ekonomi, sebagaimana disampaikan oleh Kadis PMD Hery Ramadhan dalam sambutannya mewakili Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat. "Saya mengapresiasi pemerintah Desa Lebah Sempage yang telah menggelar peringatan HUT Desa seperti ini. Selain sebagai sarana muhasabah, peringatan HUT desa merupakan tradisi baik karena setiap event yang digelar selalu menciptakan keramaian yang kemudian tentu akan menciptakan interaksi sosial dan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar".

Dalam kesempatan itu Hery juga menghimbau kepada kepala desa di Kecamatan Narmada pada khususnya dan di Kabupaten Lombok Barat pada umumnya yang belum pernah merayakan peringatan hut desanya agar berulang tahun dan merayakannya mengingat dampak positif yang dapat ditimbulkannya.

"Bagi desa-desa yang belum pernah merayakan HUT desanya agar melakukan musyawarah desa guna menentukan tanggal hari jadi desanya. Bisa melalui pendekatan de facto berdasarkan asal-usul kelahiran desanya maupun melalui pendekatan de jure berdasarkan tanggal formal pembentukan desanya sesuai dengan surat keputusan kepala daerah atau peraturan daerah tentang pembentukan desa yang bersangkutan" ucapnya.

Menutup sambutannya, Hery tidak lupa mengucapkan selamat ulang tahun Desa Lebah Sempage yang ke-23 disertai harapan semoga Desa Lebah Sempage dapat menjadi desa yang sesuai moto atau hajat hidup berdesanya yakni mewujudkan desa lebah sempage yang berdaya saing, aman, unggul dan harmonis. Dirgahayu, teruslah berkarya dan berkhidmat untuk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat desa.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *