LOGO dpmd
Beranda > Berita > Alhamdulillah Lobar Tuntas 5 Pilar Stbm
Berita Utama

ALHAMDULILLAH LOBAR TUNTAS 5 PILAR STBM

Posting oleh dpmdlobar - 14 Okt. 2022 - Dilihat 163 kali

Kadis PMD : Ada kontribusi penting desa di dalamnya.

Setelah melalui verifikasi oleh Tim Verifikator Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Provinsi NTB terhadap pilar 3, 4 dan 5, alhamdulillah Kabupaten Lombok Barat dinyatakan  lulus dengan predikat Baik.

Hasil ini melengkapi hasil Baik verifikasi STBM pilar 1 dan 2  tahun 2021 lalu, sehingga secara paripurna Kabupaten Lombok Barat dinyatakan tuntas 5 pilar STBM.

Hasil verifikasi tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Tim Verifikasi STBM Provinsi NTB, di Aula Dikes Lobar pada Rabu 12 Oktober 2022 dihadapan Asda 1, Kadis Kesehatan, Kadis PMD dan Kepala Bappeda, serta undangan lainnya. 

Dibalik capaian ini tentu ada kontribusi penting desa di dalamnya yang bersinergi dan mengafirmasi pemerintah daerah dalam menegakkan 5 pilar STBM selama dua tahun terakhir.

Kondite "Tuntas 5 Pilar STBM" ini menandakan bahwa program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui pendekatan 5 Pilar STBM yang dilakukan selama ini telah mampu meningkatkan kesadaran, kemauan dan pemahaman masyarakat tentang hidup sehat sebagaimana tujuan pembangunan kesehatan itu sendiri.

Adapun 5 Pilar STBM itu yakni :
1. Stop buang air besar sembarangan (Stop BABS).
2. Mencuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir.
3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAM-RT).
4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.
5. Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga Air dan sanitasi.

Dan yang terpenting selanjutnya yakni bagaimana capaian ini bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan kualitasnya secara berkesinambungan.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *