Visi Misi

Visi dan Misi SKPD

Sebuah  organisasi  harus  memiliki  sebuah  alat  manajemen  yang  akan menentukan ke arah mana sebuah organisasi tersebut akan bergerak dan bagaimana cara menuju ke arah tersebut. Oleh karena itu, DPMD Kabupaten Lombok Barat menentukan Visi yang merupakan suatu proyeksi organisasi di masa yang akan datang dan merupakan suatu komitmen yang akan menjadi motivasi bagi aparat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.    Visi tersebut adalah sebagai berikut :

“Terwujudnya Kemandirian Masyarakat Pedesaan”.

Untuk mencapai visi tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsi tujuan yang harus dicapai adalah kemandirian masyarakat. Hal tersebut dapat dicapai melalui 2 cara yaitu pemberdayaan masyarakat serta tata kelola pemerintahan yang baik.

Kemandirian masyarakat, maksudnya adalah masyarakat yang mampu mencapai kesejahteraannya tanpa terlalu banyak tergantung pada pihak lain. Untuk itu masyarakat harus memiliki kemampuan, yang bisa diperoleh dengan suatu proses pemberdayaan. Proses pemberdayaan tersebut bisa didapat dengan peningkatan kapasitasnya, maksimalisasi sinergi di antara mereka baik secara individual maupun secara kelembagaan serta pengenalan dan pemanfaatan semua potensi yang dimilikinya. Dalam proses itu seringkali disertai dengan dinamika yang cukup kuat. Agar dinamika tersebut tidak berubah menjadi gejolak yang merugikan diperlukan suatu pengaturan. Pengaturan tersebut bisa didapat dengan mewujudkan suatu tata kelola pemerintahan desa yang baik.

M i s i

   Sesuai dengan penjelasan di atas, untuk mewujudkan visi tersebut, DPMD Kabupaten Lombok Barat menetapkan misi sebagai berikut :

 

" Mewujudkan kemandirian masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat pedesaan serta tata kelola pemerintahan desa yang baik"

Mewujudkan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat pedesaan, maksudnya adalah memfasilitasi serta mengkoordinasikan semua proses yang dibutuhkan masyarakat untuk bisa dengan kekuatan sendiri mencapai kesejahteraannya. Hal tersebut bisa dicapai dengan meningkatkan kapasitas masyarakat, mensinergikan potensi yang ada dengan memfasilitasi tumbuh kembangnya lembaga-lembaga di masyarakat serta memaksimalkan pemanfaatan faktor-faktor pendukung yang ada seperti sumber daya alam maupun teknologi tepat guna.

Mewujudkan kemandirian masyarakat melalui tata kelola pemerintahan desa yang baik adalah suatu usaha untuk memberikan pengaturan dalam proses pemberdayaan yang berlangsung agar dinamika yang terjadi tidak berubah menjadi gejolak yang merugikan. Usaha tersebut dapat berhasil dengan mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik, mengingat pemerintahan desa adalah bagian dari pemerintahan terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Implementasinya dilakukan dengan meningkatkan kapasitas aparat pemerintahan desa, meningkatkan legitimasi dan akuntabilitas pelaksanaan pemerintahan desa serta standarisasi sistem kerja dan sistem pelayanan.

Sambutan
Contoh Iklan