LOGO dpmd
Beranda > Berita > Rapat Pembentukan Rumpun Pariwisata Lombok Barat
Berita Utama

Rapat Pembentukan Rumpun Pariwisata Lombok Barat

Posting oleh dpmdlobar - 3 Juli 2023 - Dilihat 98 kali

Sebagai wakil DPMD, Kepala Bidang Penataan dan Kerja Sama Antar Desa, Fitriati Wahyuni, SP menghadiri rapat tentang Pembentukan Rumpun Pariwisata Lombok Barat sebagai tindak lanjut dari keluarnya keputusan bupati tentang hal tersebut serta  membahas kesiapan OPD Lombok Barat mendukung Lombok Intenasional Modest Fashion Festival (LIMOFF). 
Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Lombok Barat didampingi Sekretaris Daerah dan dihadiri Asisten II,  sejumlah Kepala OPD terkait yang masuk dalam struktur Rumpun Pariwisata juga semu Camat, mengambil tempat di Aula Jayengrana, Jumat 23 Juni 2023.

Inspektur Lombok Barat selaku pemandu rapat menyampaikan bahwa Rumpun tersebut bertugas menyusun rencana strategis dan program kerja terintegrasi dalam pengembangan sektor pariwisata daerah, melakukan koordinasi dan kolaborasi antar perangkat daerah terkait pengembangan pariwisata serta  memfasilitasi dan mempromosikan potensi pariwisata daerah 

Dalam pengarahannya Bupati Lombok Barat menyampaikan bahwa Kebijakan pengembangan pariwisata  saat ini sedang mengarah pada penguatan kapasitas kawasan destinasi melalui program Destination Management Organization (DMO). Penguatan daya saing kepariwisataan melalui pendekatan collaborative governance ini mulai difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf). Keluarnya keputusan bupati tentang Rumpun Pariwisata tersebut adalah salah satu bentuk tindak lanjutnya.

DMO adalah struktur tata kelola destinasi pariwisata yang mencakup fungsi koordinasi, perencanaan, implementasi dan pengendalian organisasi destinasi secara inovatif dan sistemik. Tata kelola ini dilakukan melalui pemanfaatan jejaring, informasi dan teknologi yang terpimpin secara terpadu. Masyarakat, asosiasi, industri, akademisi dan pemerintah ikut dilibatkan dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan, volume kunjungan wisata, lama tinggal dan besaran pengeluaran wisatawan serta manfaat bagi masyarakat di destinasi pariwisata.

Bupati juga mengingatkan bahwa keberhasilan suatu program tidak boleh diklaim hanya oleh satu OPD tapi karena merupakan hasil dari kerja-kerja bersama yg dilakukan dengan semangat kebersamaan. 

Terkait kesiapan menyambut LIMOFF, secara umum semua OPD siap membantu mensukseskan kegiatan tersebut sesuai tugas yang dibebankan kepada OPD masing-masing.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *