LOGO dpmd
Beranda > Berita > Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara ( Gttgn) Xxiv
Berita Utama

Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara ( GTTGN) XXIV

Posting oleh dpmdlobar - 8 Juni 2023 - Dilihat 170 kali

Diwakili oleh Kabid Penataan dan Kerja Sama Antar Desa dan Kasubbag Umum Kepegawaian, DPMD Kabupaten Lombok Barat menghadiri Open Ceremony Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara ( GTTGN) XXIV dan Lokakarya bertempat di PKOR Way Halim Bandar Lampung Propinsi Lampung, Rabu, 7 Juni 2023. Acara pembukaan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara pada kegiatan GTTGN yang berlangsung dari tanggal 1 s/d 11 Juni 2023, dengan mengambil tema " Menguatkan Daya Saing Desa dan Menyejahterakan Warga".
Acara dibuka secara resmi oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI serta dihadiri oleh Gubernur Lampung selaku tuan rumah dan perwakilan 37 propinsi dan Kabupaten se Indonesia.
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar mengungkapkan bahwa Kementerian Desa terus melakukan fasilitasi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) ke Kemenhumkam, sehingga seluruh hasil gelar TTGN maupun temuan-temuan baru, selalu dilakukan pendampingan untuk mendapatkan HAKI dari Kemenkumham. Dia juga menyebutkan bahwa Kemendes terus melakukan pendampingan terhadap inovasi yang dilakukan desa, yang utamanya oleh kader-kader desa yang memiliki komitmen dan tanggung jawab bagi pertumbuhan ekonomi di desa, Indonesia telah menjalankan SDGs Desa sebagai wujud pelokalan SDGs global sampai ke desa, dengan penambahan tujuan yaitu kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.
"Seberapapun perkembangan teknologi yang kita ikuti harus senantiasa memberikan ruang yang cukup bagi kebudayaan dan peradaban yang ada di desa," lanjutnya.
Kegiatan ini menjadi ajang tukar-menukar informasi dan promosi terkait dengan inovasi teknologi tepat guna dari semua provinsi di Indonesia. Selain itu juga sebagai ajang temu bisnis, lokakrya, rapat, serta pelatihan BUMDes. Kegiatan dimeriahkan juga dengan pameran teknologi unggulan dan Bazar UMKM.
Pada saat pembukaan juga sekaligus 
dibacakan pengumuman pemenang lomba, untuk kategori Inovasi TTG juara I diraih oleh Propinsi Bali dengan Alat Pengolah Botol Plastik Menjadi Filamen 3 D, kategori TTG Unggulan dimenangkan oleh Propinsi Lampung dengan Alat Bajak Roda Satu Multi Guna, sedangkan untuk Lomba Posyantek juara diraih oleh Posyantek perwakilan Propinsi Kalimantan Timur.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *